Diet Coke

Minggu, 31 Maret 2013

Tugas 1. Pulau terluar Negara Indonesia



DAFTAR PULAU TERLUAR INDONESIA
  1. Pulau Rondo, Nanggroe Aceh
  2. Pulau Sekatung, kepulauan Riau
  3. Pulau Nipa, provinsi Riau
  4. Pulau Berhala, provinsi Jambi
  5. Pulau Nipa, provinsi Sulawesi Utara
  6. Pulau Miangas, Sulawesi Utara
  7. Pulau Batek, Nusa Tenggara Timur
  8. Pulau Dana, Nusa Tenggara Timur
  9. Pulau Fani, provinsi Papua
  10. Pulau Fanildo, provinsi Papua
  11. Pulau Bras, provinsi Papua

Pulau Miangas



Pulau Miangas merupakan salah satu pulau kecil terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina 


Pulau ini memiliki luas daratan 3,15 km² yang secara administasi terletak di Desa Miangas, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Secara geografis pulau ini berada pada posisi 05º 34’30’’LU - 126º 35’ 35’’BT. Transportasi menuju Pulau Miangas dapat dilakukan dengan menggunakan kapal angkutan dari Pelabuhan Karatung. Pelabuhan Karatung, dapat ditempuh melalui perjalanan dari Manado (Bandara Sam Ratulangi) ke Melonguane (Bandara Melonguane) dengan pesawat Merpati 2 kali seminggun dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dari Manado. Selain itu dapat ditempuh melalui perjalanan dari Pelabuhan Manado ke Pelabuhan Lirung atau ke Melonguane dengan kapal reguler dan kapal angkut lainnya yang berangkat dari Pelabuhan Manado dengan frekuensi pelayaran sekali dalam seminggu dengan lama perjalanan kurang lebih 24 jam. Lahan yang ada di Pulau Miangas dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk permukiman (3 ha), kebun campuran (21 ha), perkebunan kelapa (60 ha), tegalan (12 ha), dan sisanya berupa hutan (4 ha) dan lahan terbuka (10 ha).
Kondisi perairan di sekitar Pulau Miangas masih bagus, hal ini terlihat dari kecerahan air yang tinggi, suhu perairan hangat dengan fluktuasi kecil, dan kandungan oksigen terlarut berada pada kisaran yang baik (7,2-7,6 mg/I). Pembangunan sektor perikanan di kawasan pulau-pulau kecil ini memiliki prospek yang sangat cerah. Pulau Miangas dengan lautnya yang luas mempunyai peran strategis dalam pembangunan industri perikanan.

Terumbu Karang

Jenis terumbu karang umumnya berupa terumbu karang tepi (fringing reef) yang terdapat di sepanjang garis pantai. Pada beberapa lokasi juga ditemui koloni terumbu karang yang mengelompok (patch reef). Di pulau ini ditemukan pula habitat terumbu karang langka seperti Tridacna crocea dan Hippopus hippopus. Namun keberadaannya terancam oleh aktivitas masyarakat yang dapat mengganggu kelestarian biota langka seperti pengambilan lola (Trochus niloticus) yang merupakan jenis biota dilindungi, walaupun tidak dalam jumlah besar.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Miangas 

0 komentar:

Posting Komentar