Diet Coke

Sabtu, 04 Mei 2013

Tugas 8. Pemaparan dan strategi meningkatkan ketahanan nasional yang dinamis

Prev                                                                                                        Next


Pengertian Ketahanan Nasional


            Ketahanan nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.
Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 45, dan Wawasan nusantara.


Arti pentingnya ketahanan nasional


Ketahanan Nasional sangat di perlukan oleh negri kita, karena banyaknya ancaman yang dihadapi yang dapat menyebabkan kondisi dan situiasi negri kita selalu berubah – ubah. Karena itu ketahanan nasional hrus dibina dan ditingkatkan , sesuai dengan kondisi dan ancaman yang akan dihadapi oleh negri kita.
ketahanan nasional baru dikenal pada permulaan tahun 60an, pada waktu itu dipakai dalam rangka pembahasan masalah pembinaan territorial atau masalah pertahanan keamana pada umumnya. Lembaga yang secara serius dan terus – menerus mempelajari dan membahas masalah ketahhanan nasional adalah lembaga ketahanan nasional atau LAMHANAS yang didirikan pada tahun 1965.

Dalam pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Jendral Suharto di depan siding DPRtanggal 16 Agustus 1975, dikatakan bahwa ketahanan nasional adalah tingkat keadaan, keuletan dan ketangguhan Bangsa Indonesia dalam menghimpun dan mengarahkan kesungguhan kemampuan nasional dalam menghadapi ancaman yang dapat menghancurkan cita – cita bangsa.

Pembinaan ketahanan nasional kita dilakukan diberbagai bidang seperti ideology, politik, ekonomi, social budaya dan hankam baik secara bersamaan maupun menurit prioritas kebutuhan kita. Peningkatan ketahanan nasional dapat dilakukan dengan cara peningkatan kualitas sumber daya manusia di negri kita yang dapat ditunjukan kepenguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Strategi meningkatkan ketahanan Nasional yang dinamis 

1. Mandiri
Ketahanan Nasional harus mandiri supaya tidak tergantung kepada negara lain. Dan tidak gampang putusasa dalam menjalankan tugasnya. Kemandirian (idenpendency) ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global (interdependent).

2. Dinamis
Ketahanan Nasional tidaklah tetap. Ia dapat meningkat atau menurun, tergantung pada situasi dan kondisi bangsa, Negara serta lingkungan strategisnya. Karena itu, upaya peningkatan Ketahanan Nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

3. Wibawa
Keberhasioan pembinaan Ketahanan Nasional Indonesia secara lanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan keseimbangan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa. Semakin tinggi tingkat Ketahanan Nasional Indonesia semakin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia.

4. Konsultasi dan Kerjasama
Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonistis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata, tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif, kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan, moral dan kepribadian bangsa.

Pertahanan Nasional juga dapat berjalan dengan baik apabila kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia saling bekerja sama untuk mewujudkan negara yang berdaulan adail dan makmur tanpa ada pengecualian dan kita tidak boleh menyimpang dari Ideologi bangsa kita sendiri yaitu pancasila.

Referensi : http://politik.kompasiana.com/2013/04/12/strategi-mewujudkan-ketahanan-nasional-550235.html

0 komentar:

Posting Komentar